Baterai Laptop Tidak Bisa Cas? Atasi Dengan Cara Ini

cara mengatasi laptop tidak bisa dicas

Ketika Anda mencolokkan laptop ke sumber listrik, Anda biasanya akan mendengar bunyi ding atau melihat lampu LED kecil yang menandakan bahwa semuanya baik-baik saja di bagian baterai. Namun, jika Anda menghubungkan adaptor AC laptop Anda dan tidak ada tanda-tanda seperti diatas, maka semuanya menandakan tidak baik-baik saja.

Berurusan dengan laptop yang tiba-tiba berhenti mengisi daya adalah salah satu penyebab yang akan membuat Anda panik dan mungkin saja bisa membuat stress. Kemungkinan Anda akan langsung berasumsi bahwa ada sesuatu yang salah dengan baterai laptop Anda. 


Mengapa Baterai Laptop Berhenti Mengisi Daya?

Sebelum Anda dapat mulai memperbaiki laptop Anda yang tidak mau mengisi daya, Anda harus memiliki pemahaman utama tentang mengapa laptop mulai tidak berfungsi sejak awal. 

Meskipun ada banyak variabel yang dapat membuat baterai laptop Anda kehilangan daya, kami telah merangkum penyebab paling populer menjadi tiga penyebab utama: masalah kabel daya, kerusakan perangkat lunak, dan penurunan kesehatan baterai.

1. Masalah kabel listrik

Membawa laptop Anda dari satu tempat ke tempat lain berarti membawa charger laptop Anda juga. Antara mengemas saat Anda membawanya dan meletakkannya dengan cara yang sembarangan maka dapat dipastikan kabel Anda tertekuk di saat Anda mengemasnya.

Komponen utama bekerja sama untuk berhasil memberi daya pada laptop Anda. Banyak pengisi daya Laptop memiliki adaptor AC dua dalam satu bagian; satu bagian yang terhubung ke dinding dan bagian lain yang terhubung ke laptop Anda. Jika keduanya terhubung dengan aman dan lampu pengisian daya laptop Anda tidak menyala, kemungkinan kabel tersebut rusak.

2. Kerusakan Perangkat Lunak

Windows 10 telah terbukti menjadi salah satu sistem operasi yang paling mandiri dalam sejarah. Itu dapat mendiagnosis dirinya sendiri ketika masalah internal muncul dan dapat memulai pembaruan penting untuk memastikan semua perangkat lunak Anda mutakhir.

Ada kemungkinan bahwa konfigurasi pengaturan komputer Anda diatur untuk dimatikan pada tingkat rendah, atau masuk ke mode tidur setelah beberapa menit tidak aktif. Meskipun pengaturan ini tidak cukup "malfungsi," dapat dikatakan mereka dapat muncul.

Malfungsi atau tidak bergunanya perangkat lunak muncul ketika driver komputer Anda mash dalam versi lama. Driver yang ketinggalan jaman dapat memaksa komputer Anda untuk menolak daya adaptor AC Anda. Menginstal ulang driver baterai adalah solusi cepat dan mudah untuk masalah seperti ini.

3. Daya Tahan Baterai Menurun

Sama seperti teknologi lainnya, baterai laptop tidak hidup selamanya. Salah satu alasan paling umum untuk baterai laptop berhenti mengisi daya adalah kesehatannya yang menurun. Dengan cara yang sama laptop dan baterai model lama akan mengalami kesulitan dalam mengisi daya.

Sebelum baterai mengalami kerusakan, apakah Anda melihat tanda-tanda laptop seperti:

  • Terlalu panas saat mengisi daya?
  • Kehilangan daya dengan cepat?
  • Butuh waktu lebih lama untuk mengisi penuh?

Jika demikian, masing-masing masalah ini adalah tanda pasti bahwa baterai Anda sudah tua. Tidak yakin dengan kesehatan baterai Anda? Simak caranya dibawah ini.


Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Tidak Mau Diisi

Akhirnya saatnya untuk mengambil pemecahan masalah ke tangan Anda sendiri. Dengan 8 cara ini Anda dapat memperbaikinya sendiri sebelum Anda pergi ke toko reparasi komputer atau laptop.

1. Periksa Apakah Carger Terhubung

Ini mungkin terdengar sedikit aneh, tetapi memeriksa apakah laptop dan pengisi daya Anda benar- benar terhubung. Tidak ada harapan dalam mengisi daya laptop yang terputus dari sumber listrik, jadi pastikan untuk memeriksa kembali apakah semuanya terhubung sebagaimana mestinya. menjadi.

Lihatlah setiap titik kontak, dari stopkontak ke adaptor AC, adaptor ke port laptop Anda. Semuanya harus terpasang erat dengan ruang gerak minimal.

Anda harus memastikan bahwa masalahnya bukan pada stopkontak itu sendiri. Sekering putus sering terjadi, jadi pastikan untuk menguji stopkontak lain.

2. Gunakan Port Yang Benar

Kelahiran port USB-C telah menjadi salah satu yang penting yang sekarang ditampilkan di sebagian besar komputer laptop terbaru. Port ultra-tipis ini sangat bagus untuk komputer ultra-tipis, meskipun pendatang baru di port ini mungkin bingung dengan fungsionalitas multigunanya.

Komputer yang dilengkapi dengan dua port USB-C kemungkinan memiliki penunjukan fungsi tertentu yang mungkin tidak Anda ketahui. Secara umum, satu port USB-C dimaksudkan untuk mengisi daya, yang lain dimaksudkan untuk transfer data. Jika pengisi daya laptop Anda dicolokkan ke port transfer data alih-alih port pengisian daya, pengisian daya tidak akan terjadi.

Pastikan kabel Anda tepasang pada port yang benar yang sudah ditentukan sebelum menyalahkan perangkat keras.

3. Lepaskan Baterai

Jika laptop Anda dilengkapi dengan baterai yang dapat dilepas, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka kuncian baterai dan copot baterai
  • Tahan tombol power selama 10-15 detik dan lepaskan
  • Pasang pengisi daya
  • Nyalakan laptop.

Jika laptop Anda menyala tanpa masalah, Anda dapat dengan aman berasumsi bahwa itu bukan pengisi daya Anda yang salah, tetapi baterai yang rusak. Untuk mengonfirmasi teori ini, Anda selalu dapat memasang ulang baterai dan mencoba mem-boot ulang.

Jika laptop Anda tidak memiliki baterai yang dapat dilepas, Anda mungkin perlu menemui spesialis profesional yang dapat membuka perangkat keras Anda dan menjalankan diagnosis.

4. Periksa Kabel Charger

Kabel daya adalah alat charger kecil, tipis, dan sangat sensitif yang mungkin menjadi penyebab laptop Anda tidak mengisi daya saat dicolokkan. Periksa kabel daya Anda dengan meraba sepanjang kabel apakah ada tikungan, patah, atau bengkok yang tidak biasa. melenturkan yang mungkin menunjukkan kerusakan fisik.

5. Perbarui Driver

Terkadang semua kebutuhan laptop Anda adalah pembaruan driver yang cepat untuk dipulihkan kembali ke kondisi semula. Ikuti langkah-langkah ini untuk memperbarui driver baterai laptop Windows 10 Anda.

  • Klik kanan Start Menu untuk membuka menu Quick Access dan pilih Device Manager
  • Di bawah Batteries, buka menu dropdown dan klik kanan Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery
  • Di dalam jendela pilihan baru, tekan Update Driver

Windows akan bertanya kepada Anda, How do you want to search for drivers? dan Anda akan memiliki opsi untuk membiarkan Windows mencari secara otomatis atau menelusuri komputer Anda secara manual untuk perangkat lunak yang sesuai.

Setelah diperbarui, reboot PC Anda dan coba isi daya lagi.

6. Cek Port Pengisian Daya

Memasukkan adaptor AC Anda ke konektor daya laptop harus menjadi kebiasan yang harus Anda lakukan. Jika Anda mengalami kesulitan, baik itu debu yang menumpuk atau goyah, masalah kemungkinan terletak pada port, bahwa Anda tidak dapat membuat koneksi dari adaptor Anda ke laptop Anda.

Jika soket PC Anda kotor oleh debu dan kotoran, coba bersihkan port daya AC Anda dengan tusuk gigi atau dengan udara bertekanan. Jika titik konektor Anda goyah, masalah Anda mungkin sedikit lebih serius. Ini bisa menjadi indikator bahwa colokan listrik Anda telah rusak dari bagian dalam sasis. Untuk memperbaikinya, pergilah ke bengkel komputer untuk mendapatkan solusi yang murah dan mudah.

7. Biarkan Laptop Dingin

Baterai menghasilkan panas saat bekerja keras untuk menyalakan laptop Anda, tetapi ketika bekerja terlalu keras, panas berlebih dapat menyebabkan banyak masalah serius. Naiknya suhu baterai dapat menyebabkan kesalahan sensor yang pada akhirnya mengkomunikasikan ke sistem Anda bahwa baterai terisi penuh atau hilang.

Jika laptop Anda terasa panas saat dicolokkan, letakkan di permukaan yang sejuk dan terbuka tanpa ada yang menghalangi kipas dan biarkan dingin. Setelah benar-benar beres dan dingin saat disentuh, coba isi daya lagi.

8. Cari Bantuan Profesional

Ketika Anda telah melakukan semua langkah yang ada di atas dan Anda telah mencoba setiap tip dan trik pemecahan masalah, langkah berikutnya adalah mencari bantuan profesional. Pada akhirnya, komputer adalah bagian dari mesin yang sangat kompleks dan terkadang membutuhkan sentuhan profesional dalam hal memperbaiki dan mengonfigurasi.

Bawa ke tempat servis komputer atau Anda dapat menghubungi teknisi profesional yang berpengetahuan luas tentang cara merawat merek dan model dari laptop Anda. 


Sangat penting merawat laptop laptop terutama dalam merawat baterai latop. Karena baterai laptop mempunyai peranan yang sangat penting saat Anda menggunakan laptop untuk bekerja.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Andra
    Andra May 29, 2022 at 4:03 AM

    Terimakasih untuk artikel..mudah-mudahan dapat membantu saya karena laptop saya terkadang tidak mau dicas.

    • Mas Yayak
      Mas Yayak May 30, 2022 at 12:42 AM

      terimakah mas

Add Comment
comment url